My Day

Thursday, March 01, 2007

Wisata Yuuuukkkk!!!!









Desa Gumati, Alternatif Liburan Sekolah

Libur telah tiba…libur telah tiba…hatiku gembira…Ulangan semester sudah dijalani anak-anak sekolah, pembagian raport juga mungkin sudah dilakukan hampir disetiap sekolah. Bulan Juli hingga Agustus adalah masa liburan sekolah. Nah, Bingung akan mengajak anak-anak berlibur?. Bosan dengan sejumlah tempat wisata di daerah Jakarta atau Puncak?, tak ada salahnya mengajak anak, berlibur ke suasana alam desa. Sebuah desa yang juga sebagai resort. Ya, Desa Gumati namanya.

Satu setengah jam perjalanan ditempuh dari Jakarta ke Desa Gumati dengan mengendarai kendaraan pribadi, melewati tol Jagorawi lalu lewati tol Sentul Selatan, lalu dari Sentul menuju arah Babakan Madang dan mengikuti terus arah petunjuk jalan menuju Desa Gumati.Namun bagi yang tidak membawa kendaraan dapat menggunakan transportasi umu. Dari Jakarta, bisa menggunakan bus menuju kota Bogor. Lalu dari kota Bogor, tepatnya di terminal Baranang Siang Anda dapat menggunakan angkutan kota trayek 03 lalu diteruskan angkot trayek 05. Banyak cerita tentang uniknya Desa Gumati, dan keadaan diperjalanan, dahulu disepanjang jalan yang menuju Desa Gumati banyak terdapat penjual sate kiloan. Sate kiloan adalah sate kambing yang dijual dagingnya secara kiloan dan barulah dijadikan sate. Namun saat ini, yang tampak hanyalah sisa-sisa tempat dimana sate kiloan dulu ada. Tempat penjual sate kiloan kini digantikan dengan tukang jual ban, toko kelontong. Ya, agak ironi memang.

Siang itu, kedatangan kami di desa Gumati yang terletak di jalan Cijulang 16 Bogor cukup terobati dengan suasana Desa Gumati yang kental terasa. Terdengar indah ditelinga gemericik air mengalir, kricik..kricik…bunyi gemericik air seperti simfoni pengobat rindu akan kampung halaman di desa. Lokasinya terletak di daerah Cijulang, Cikeas, di kaki Gunung Pancar. Sarana pariwisata di wilayah Bogor, Jawa Barat, ini merupakan sebuah kampung wisata (rekreasi) terpadu yang boleh dikatakan mirip sebuah resort.

Tak seperti resort lainnya, Desa Gumati tampil dengan pesona desain resort yang bergaya Bali, memiliki luas 7 hektar. Banyak pengunjung yang datang ke Desa Gumati ini, ada dari instansi pemerintah, swasta baik yang mengadakan perjalanan bisnis dan menghadiri acara-acara perusahaan, beberapa selebriti Indonesia bahkan sejumlah keluarga banyak yang datang dan singgah untuk berlibur disini.Saat pertama kali melangkahkan kaki di Desa Gumati, kita langsung dapat menikmati segarnya udara dan berbagai keindahan desain serta arsitektur etnik Bali pada ruangan-ruangan kamar, fasilitas resort, resto dan café serta di galeri yang dikenal dengan nama Atjuk (pakaian).


Keindahan danau dan ladang persawahan semakin memperkuat atmosfir dari sisi pedesaannya. Pohon-pohon Kamboja Bali, menjadi simbol yang ditempatkan di berbagai area peristirahatan. Berbagai fasilitas disediakan pihak pengelola untuk mengakomodir keinginan para pengunjung yang hendak menikmati atmosfir pedesaan, menikmati indahnya danau, ladang persawahan, pemancingan,spa lengkap dengan totok wajah, ratus (V-spa), reflexi, galery, perawatan payudara message, mandi rempah, aneka masakan tradisional bahkan juga penginapan.

Untuk anak-anak, pihak pengelola menyediakan fasilitas bermain seperti taman bermain, lintasan delman, keliling dengan motor kecil AVP. Bagi yang menyukai outbond (lintas alam), Desa Gumati memiliki tempat untuk kegiatan lintas alam, ada lagi kebun yang disediakan bagi pengunjung yang menyukai berkebun. Di kebun ini, para pengunjung dapat mengetahui bagaimana cara berkebun dan dapat bertanya pada instruktur soal bagaimana berkebun yang baik. Menjelang petang, keindahan Desa Gumati terpancar saat sore dan malam hari. Keindahan akhirnya muncul ketika tiang-tiang lilin diseputar danau dinyalakan satu-persatu. Sayunya kerlip lilin dan cantiknya cahaya temaram lampu mempesona mata. Tak ada salahnyakan nikmati liburan di desa?. Ismayanti





2 Comments:

At 11:17 PM, Blogger Hakimtea said...

Makasih banyak informasi wisatanya. Ikut kampanye mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang ya :)

 
At 8:54 PM, Blogger Agus Amar Mizwar said...

Salam Blogger Indonesia, blogwalking ya... dan sukses selalu untuk Anda!
jabat tangan erat salam penuh damai!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

 

Post a Comment

<< Home