My Day

Tuesday, February 13, 2007

Wanita & Kecantikan


Kaki Indah, Kaki Sehat

Kaki, anggota badan yang satu ini perlu diperhatikan kesehatannya.Walaupun sepele, namun jika terjadi kelainan pada kaki bisa menganggu aktivitas kerja sehari-hari. Dibandingkan dengan bagian tubuh lain, kaki memang sering dianaktirikan. Padahal fungsi kaki pada seseorang tak kalah penting dari bagian tubuh lain. Wah, celaka kalau dia sampai ngambek, aktivitas keseharian kita pasti terganggu.

Ada sebuah kisah pahlawan legendaris asal Yunani, Achilles. Konon ia tidak terkalahkan, barangkali tepat untuk menggambarkan pentingnya peran kaki. Si Achilles ini memiliki pusat kekuatan sekaligus titik lemah pada otot tumit kakinya. Hingga suatu ketika terbongkarlah dan diketahuilah rahasianya oleh musuh. Musuh pun mengincar titik lemah itu. Ternyata benar, dengan menggangu fungsi kakinya musuh bisa melumpuhkannya. Mereka tak perlu harus mengoyak jantung atau isi kepalanya.

Kaki Dan Masalahnya

Dalam hidup sehari-hari kejadian seperti cerita di atas memang nyaris tak pernah ada. Yang pasti kaki merupakan tumpuan utama kita dalam beraktivitas. Celakanya, kelainan pada kaki, apakah itu berupa gangguan pada kulit, kuku atau tulang, sering dianggap sepele. Bermacam-macam kelainan pada kaki seperti pecah-pecah pada bagian tumit, kaki lecet, mata ikan, eksem, radang akibat infeksi bakteri atau jamur pada kulit dan kuku, bisa diderita siapa saja. Anatomi kaki yang salah pun acapkali menjadi masalah. Misalnya telapak kaki datar atau tulang kaki tidak normal. Belum lagi gangguan pada kaki yang disebabkan oleh komplikasi penyakit macam kusta yang ditandai rasa baal, gangren kaki akibat penyakit diabetes yang ada kalanya harus diamputasi, dan lainnya.Gangguan bisa juga gara-gara sepatu yang kurang tepat, terlalu tertutup atau terlalu banyak berdiri dengan sepatu tumit tinggi.

Pada gejala tahap awal umumnya penderita belum begitu risau karena dipikirnya hal itu tidak terlalu mengganggu atau pun berbahaya. Baru saat sudah lebih mengganggu, penderita mulai mengeluh dan berikhtiar mendatangi ahli. Hasil survai yang dilakukan di negara Eropa dan Asia (Korea) oleh badan survai epidemiologi internasional Achilles Proyect menunjukkan bahwa sebagian besar penderita memang tidak menyadari atau enggan memeriksakan kaki ke dokter. Namun diketahui persentase terbesar gangguan kaki disebabkan oleh penyakit jamur.

Rawat Kaki Dan Kuku

Kesehatan kaki merupakan hal yang seharusnya tidak diabaikan, maka penting diketahui cara merawat kaki untuk mencegah terjadinya penyakit atau kelainan yang tidak diinginkan. Cara mendapatkan kaki dan kuku yang sehat sebenarnya tidaklah sulit, yang harus dilakukan adalah menjaga agar kaki selalu bersih. Setelah kaki dicuci, keringkanlah baik-baik khususnya pada sela-sela kaki. Gunakan alas kaki agar kaki tidak kotor dan alami trauma. Potonglah selalu kuku kaki, agar tetap pendek. Jika kita mengenakan kaos kaki dari bahan yang menyerap keringat dan tidak panas, misalnya dari katun.
Ganti dan cuci kaos kaki setiap hari secara teratur. Terlebih jika kaki Anda peka terhadap jamur dan alergi.
Pemakaian sepatu, hendaknya disesuaikan dengan ukuran kaki. Jangan mengenakan sepatu yang berukuran sempit dan tumit terlalu tinggi. Sepatu dengan tumit terlalu tinggi dan kecil khususnya bagi mereka yang pekerjaan sehar-harinya banyak berdiri, akan sangat membebani kaki dan mengganggu aliran darah. Akibatnya akan lebih mudah terbentuk varises dan trauma kaki lain. Melakukan perawatan kaki (pedikur) merupakan hal yang baik dan menyenangkan, namun carilah ahli yang terlatih, agar tidak malah berefek buruk. Konsultasikan pada dokter apabila menemukan kelainan atau keluhan pada kaki. Dengan perawatan kaki yang baik, jamur tak akan tumbuh. Cedera kaki pun tak terjadi, sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu. ISMAYANTI

0 Comments:

Post a Comment

<< Home