My Day

Tuesday, February 13, 2007

Kuku Indah


Nail Extension & Trend Cantik Wanita

Tak hanya rambut saja yang menjadi pesona bagi wanita,. Kuku dan jemari yang indah juga menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran untuk urusan kuku harus mendapat perhatian khusus oleh para wanita, baik dewasa maupun remaja.

Banyak cara untuk mempercantik dan memperindah kuku misalnya saja nail extension
( teknik menyambung kuku). Menurut Tania Nova, nail art master bahwa image seseorang dapat dilihat dari kebersihan kuku pada bagian jari-jari kukunya Ada unsur kesehatan yang perlu diperhatikan dalam menyambung kuku ( nail extension), ciri kuku yang sehat antara lain berwarna merah muda.

Dalam merawat kuku, penggunaan alat potong seperti gunting sebaiknya tidak saling meminjamkan dan perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah seperti infeksi, jamur yang menyerang kuku. Berbicara tentang kuku, kini buat Anda wanita yang ingin berkuku panjang namun ternyata memiliki kuku yang pendek, tak lagi perlu resah. Kuku dapat disambung dengan menggunakan gel khusus penyambung kuku dan kuku palsu yang terbuat dari acrylic atau sintesis yang seperti kuku asli.

Panjang pendeknya kuku tergantung pada keinginan pemakai. Permukaan kuku yang akan disambung harus dibersihkan dari cat kuku ( red- kuteks bila ada), lapisan atas kuku yang mati serta bakteri. Biasanya setelah dibersihkan, Anda dapat memilih bentuk dari sambungan yang diinginkan. Bisa natural, french nail atau kuku kristal.Setelah memilih bentuk kuku, kuku palsu dipasang dengan menggunakan gel, barulah setelah itu dimasukan ke dalam alat yang menggunakan energi ultraviolet dan diulang hingga tiga kali baru kemudian diberi kutikula remover dan vitamin.

Namun lebih lanjut, Tania mengatakan bahwa hal yang terpenting dalam merawat kuku, selain membuat kuku tampak indah dan bersih adalah mencegah kuku agar tidak rusak antara lain kurangi kontak dengan bahan kimia, jangan terlalu sering dilapisi dengan cat kuku, potong kuku dengan benar, gunakan krim yang mengandung vitamin E dan gunakan sarung tangan karet saat sedang berkebun ( jaga kebersihan kuku).

Menurut Dr Irma Bernadette, Sp.KK staf divisi Dermatologi Kosmetik-Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, FKUI-RSCM saat penyambungan kuku ( nail extension), pemakai harus memperhatikan dengan cermat kandungan gel yang digunakan sebagai penyambung. Harus dilihat bahan yang digunakan apakah dapat menyebabkan dermatitis kontak atau tidak, namun tidak semua orang mengalami dermatitis kontak akibat dari pengaruh bahan kosmetik. Selanjutnya pemasang nail extension juga harus memperhatikan apakah pemasangan kuku palsu dilakukan dengan menempelkan dan dipasang pada kuku yang sehat atau tidak. Jika terjadi jamu maka sambungan kuku palsu harus dipotong, untuk kemudian dilakukan treatment. Bila terjadi infeksi bisa dengan obat topikal jamur. Kondisi satu kuku yang terserang secara keseluruhan baiknya melakukan treatment oral dan topikal. Bila hanya setengah atau sepertiga bagian kuku yang terserang jamur baiknya menggunakan treatment topikal ( berupa salep, krim).Bila terjadi infeksi karena bakteri maka perlu dilakukan oral topikal antibiotik dilakukan setidaknya sekali seminggu. Lalu, seperti apa sih langkah-langkah penyambungan kuku ( nail extension)?.


Berikut ini tahapannya :

1. Bersihkan kuku yang akan disambung terlebih dahulu
2. Pilih kuku palsu yang disesuiakan dengan selera
3. Pemotongan kuku sesuaikan dengan panjang yang diinginkan
4. Pengolesan gel dalam penyambungan kuku
5. kuku yang diolesi gel dimasukan ke dalam alat dengan sinar ultraviolet agar gel dan kuku

melekat sempurna
6. Tahap finishing dengan pemberian nail remover yang berfungsi mengangkat sisa gel yang

tidak terpakai.
7. Bersihkan kuku dengan handuk kecil.

Setelah meyakini bahwa kondisi kuku Anda sehat dan tidak mengalami infeksi, Anda kini dapat melakukan nail extension, jari jemari kuku Anda akan tampak jauh lebih menarik dengan nail extension. ISMAYANTI

0 Comments:

Post a Comment

<< Home