My Day

Thursday, March 01, 2007

Cantik Sehat


Rambut Sehat Wanita Berjilbab

Rambut adalah bagian tubuh manusia yang punya banyak fungsi, diantaranya sebagai daya tarik seksual atau kosmetik, proteksi dan penghangat dan fungsi psikososial (menambah rasa percaya diri). Bagi wanita, rambut adalah mahkota tubuh. Tak heran jika banyak kaum wanita berlomba mempercantik dan merawat kesehatan rambutnya, misalnya aja dengan melakukan creambath, hair spa. Akan tetapi, bagi wanita berjilbab rambut merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi. Kendati demikian, bukan berarti rambut wanita berjilbab tidak perlu perawatan, bahkan justru harus lebih diperhatikan.


Jika terlalu sering ditutup rambut akan lembab dan ”kepanasan” sehingga bisa menimbulkan kerontokan, mengundang ketombe, bau dan rambut jadi lepek hal tersebut sering menjadi masalah bagi wanita bejilbab.

Masalah Rambut Wanita Berjilbab

Sebenarnya masalah kerontokan rambut merupakan proses alamiah bagi rambut. Akan tetapi, jika berlangsung terus-menerus, kerontokan akan mengakibatkan kebotakan. Sayang kan jika kepala kita menjadi gundul, ibarat raja yang kehilangan mahkotanya.
Rambut tumbuh dan berkembangan tahap demi tahap, dan kemudian mati. Dalam keadaan seperti ini rambut biasanya mengalami kerontokan. Proses ini dialami setiap orang. Jika kerontokan rambut berkisar antara 80 hingga 100 helai per hari, ini masih dianggap wajar. Tetapi jika melebihi 100 helai rambut per hari, baru dikatakan tidak normal.


Akibat penggunaan jilbab, biasanya rambut banyak yang berguguran karena kering dan lembab, maka harus sedini mungkin ditanggulangi. Untuk mengatasinya terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya, baru kita dapat menerapkan cara apa yang baik untuk penanggulangannya. Jika kerontokan terlalu banyak dan sulit diatasi sendiri, berkonsultasilah kepada dokter ahli kulit. Masalah lain yang timbul adalah, rambut bau dan lepek.Penyebab bau pada rambut menurut Dr Lily Soepardiman, Sp.KK staf pengajar FKUI departemen penyakit kulit dan kelamin bisa disebabkan oleh jilbab yang jarang dicuci dan selalu dipakai sehingga keringat jadi mengendap pada rambut dan kulit kepala sehingga rambut kotor dan timbulkan bau.


Sedangkan pada ketombe, lebih lanjut Lily menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena keringat dan kelenjar minyak akan lebih aktif pada keadaan cuaca panas dan lembap sehingga timbulkan rasa gatal dan rambut jadi kotor. Rambut kotor dan kulit kepala kotor membuat bakteri aktif menganggu sehingga selain ketombe muncul bisul-bisul kecil pada kulit kepala. Lalu bagaimana dengan lepek?, lepek terjadi karena rambut selalu ditutup dengan jilbab sehingga kelenjar minyak dan keringat menyatu belum lagi ditambah dengan kondisi rambut yang belum dikeramas.

Mengatasi Masalah Rambut Wanita Berjilbab

Lalu bagaimana mengatasinya?. Rambut yang sering ditutupi jilbab biasanya mudah berkeringat dan sangat lembab. Terlebih jika wanita berjilbab ini mempunyai aktivitas yang sangat tinggi. Untuk mengatasinya, ada baiknya jika sering berkeramas minimal dua hari sekali, serta teratur dapat melakukan creambath, dan perawatan khusus bagi rambut yang berjilbab Shampo yang digunakan pun harus sesuai dengan kondisi rambut berjilbab, yang ringan dan ph yang rendah. Lalu rambut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan jangan gunakan kondisioner atau balsam rambut cukup pakai hair rinse yang encer. Baru kemudian Anda dapat kembali kenakan jilbab Anda. Yang terpenting menurut Dr Liliy Soepardiman, Sp.KK jangan minyaki rambut, penggunaan hair tonic agar kulit kepala sehat dan kulit kepala dingin.

Do And Don't Wanita Berjilbab

Rambut yang mengenakan jilbab, jangan diikat terlalu kencang karena akan menyebabkan rambut Anda rontok. Pilih dan kenakan jilbab yang bahannya menyerap keringat agar keringat dapat terserap dan tidak membuat rambut basah sehingga bakteri dapat dengan mudah masuk ke kulit kepala, misalnya saja bahan dari katun dan jangan gunakan bahan dari nilon atau sintetis. Lily menjelaskan bahwa saat berada dalam ruangan ber-AC pemakaian jilbab tidak begitu mempengaruhi kesehatan rambut. Pemakaian hair tonic diperbolehkan, agar rambut dalam kondisi sehat dan tidak rontok. Walaupun Anda berjilbab, namun Anda masih berhak memiliki rambut sehatkan?. ISMAYANTI


2 Comments:

At 12:06 PM, Blogger Gadiola said...

alhamdulillah akhirnya da juga yang sadar, mau memakai jilbab

 
At 12:23 AM, Blogger Rully H said...

Bioglo,Chlorophyll,Chefel,Hexagon | Toko Online Menjual Produk Kecantikan, Produk Kesehatan dan Alat-alat Rumah Tangga.
Info lengkap : http://toko-sehat-cantik.blogspot.com/

 

Post a Comment

<< Home