My Day

Friday, April 28, 2006

INFO CANTIK

Kiat memilih pewarna rambut

Alih-alih mendapat rambut indah menawan, pewarna rambut bisa merusak rambut. Bagaimana memilih pewarna rambut yang tepat?

Warna rambut berasal dari pigmen yang disebut melanin yang diproduksi oleh sel melanosit di akar rambut. Melanin ada dua jenis yaitu eumelanin, pigmen gelap yang mendominasi rambut hitam dan kecoklatan, dan phaeomelanin yang dimiliki oleh mereka yang berambut merah dan pirang. Kebanyakan kita mempunyai kombinasi dari keduanya, dan warna rambut yang muncul tergantung dari jenis pigmen yang mendominasi. Itulah sebabnya, setiap orang memiliki warna rambut berbeda, bahkan dalam satu kepala sekalipun. Sedangkan rambut abu-abu merupakan rambut yang memiliki sedikit melanin, dan uban merupakan rambut yang kehilangan semua melanin-nya.

Kerja pewarna rambut
Prinsip pewarna rambut sama halnya dengan pewarna lainnya. Misalnya, warna merah bila dicampur warna hijau, tidak akan terjadi campuran warna merah dan hijau, tetapi muncul warna ungu. Demikian pula dengan rambut. Ingatlah selalu warna asli rambut sebelum mewarnai rambut. Sebab, hasilnya bisa jadi tak sesuai dengan yang semula kita inginkan. Sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut Anda, kenalilah beberapa tipe pewarna rambut:
Juga
1. Pewarna rambut sementara
Pewarna sementara adalah pewarna yang hanya mewarnai bagian luar rambut dan akan hilang dalam beberapa kali pencucian rambut. Jenis pewarna ini tersedia dalam bentuk shampo, gel, mousse, dan semprot. Keuntungannya, pewarna ini memiliki risiko paling kecil dalam menimbulkan reaksi alergi atau iritasi saat digunakan.

2. Pewarna alami
Pewarna alami telah digunakan secara turun temurun. Kebanyakan dibuat dari tanaman. Salah satu yang terkenal adalah Henna yang sering digunakan untuk memerahkan rambut, terutama digunakan untuk rambut gelap, dan warnanya akan hilang dalam beberapa kali pencucian rambut. Meskipun alami, Henna dilaporkan bisa menyebabkan asma dan alergi pada beberapa orang. Juga, henna tak bisa digunakan pada rambut abu-abu karena akan menghasilkan warna oranye!

3. Pewarna rambut semi permanen
Pewarna rambut semi permanen biasanya tak hanya mewarnai rambut tetapi juga dapat mengkilatkan rambut. Biasanya, jenis pewarna ini merupakan gabungan dari campuran berbagai warna. Karena molekulnya yang kecil, jenis pewarna ini dapat diserap rambut namun cukup aman dari alergi ataupun iritasi kulit. Sesuai namanya, pewarna semi permanen bisa bertahan 6-12 minggu, tetapi tentu akan semakin memudar warnanya. Pewarna inilah yang biasa dikerjakan sendiri di rumah dan tidak memiliki efek bleaching sehingga tak dapat menghilangkan seratus persen warna asli rambut.

4. Bleaching rambut
Ada juga pewarna rambut yang dapat mengubah melanin secara kimia (bleaching) dan cenderung bersifat permanen sampai rambut lama digantikan rambut yang baru. Jenis pewarnaan ini menggunakan zat kimia seperti hidrogen peroksida untuk membuat warna rambut lebih terang dan biasanya dicampur dengan zat pewarna yang diinginkan. Karena pigmen eumelanin lebih mudah di-“hilangkan”, yang tertinggal adalah pigmen phaeomelanin sehingga rambut hitam akan berubah menjadi kemerahan. Jika bleaching terlalu keras, warna rambut akan menjadi kekuningan karena kedua pigmen itu akhirnya “menghilang”. Jika Anda berambut hitam dan menginginkan rambut berwarna pirang, cara ini dapat digunakan. Sayangnya, proses bleaching dapat merusak rambut bila dilakukan dengan cara tidak benar.

5. Pewarna rambut permanen
Inilah jenis pewarna rambut yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Jenis pewarna ini bisa digunakan untuk mengubah seluruh warna rambut atau sekedar “highlight”, istilah yang digunakan untuk pewarnaan sebagian rambut saja.
Jika Anda ingin mengubah warna rambut dengan jenis pewarna ini, jangan langsung digunakan terutama jika warna yang baru sangat berbeda dengan warna rambut yang lama. Cobalah terlebih dahulu pewarna rambut sementara untuk memastikan hasilnya tidak mengecewakan, lalu beranjak pada penggunaan yang semi permanen. Jika hasilnya memuaskan, barulah gunakan pewarna rambut permanen. Dan untuk meyakinkan hal ini, pilihlah hair-dresser yang profesional. Setelah itu, Anda bisa kembali mewarnainya secara regular dengan warna yang sama agar warna rambut yang Anda inginkan bertahan selama mungkin. Tentunya jenis pewarna ini tak sepenuhnya aman karena beberapa orang melaporkan adanya alergi.

Warna rambut merupakan kepribadian kita. Pastikan memilih cara pewarnaan rambut yang tepat sehingga rambut tetap sehat dan kepercayan diri tak jadi luntur gara-gara warna rambut.

@ TIPS

Kiat mewarnai rambut beruban
Inilah mungkin permasalahan paling nyata dikalangan para paruh baya, bahkan beberapa di antaranya masih cukup muda untuk memiliki rambut beruban. Namun, pewarna rambut yang tepat akan membuat uban tertutupi tanpa terkesan “norak”. Bagaimana kiatnya?
1. Jika jumlah uban cukup banyak
Jika jumlahnya melebihi 50% jumlah rambut Anda, agaknya Anda membutuhkan proses pewarnaan rambut yang permanen. Pilihlah warna yang senada dengan rambut asli Anda sehingga ujung rambut yang mulai memutih tidak tampak nyata.
2. Jika jumlah uban kurang dari 50%
Jika rambut Anda belum terlalu beruban, Anda mungkin bisa menggunakan pewarnaan rambut yang semi permanen. Atau jika Anda memilih pewarna rambut permanen sekalipun, ingatlah bahwa uban membuat warna rambut baru Anda bertahan dalam waktu yang lebih lama. Jadi pastikan warna rambut baru merupakan pilihan terbaik Anda.
3. Jika Anda hanya memiliki sedikit uban
Jika uban Anda baru “beberapa” lembar, gunakanlah pewarna sementara atau semi permanen yang cukup lembut untuk rambut. Dan ini bisa Anda lakukan di rumah. Keuntungannya, pewarna sementara dapat membuat keaslian rambut terjaga dan lebih natural.



V-Spa Berikan Sensasi “Virginitas” Pada Wanita

Organ intim wanita perlu perawatan khusus. Cara kuno yang kini mulai dipopulerkan lagi adalah spa vagina.Perawatan ini dapat mencegah dan mengatasi keputihan, menjaga imunitas organ intim, juga memberikan sensasi virginitas serta meningkatkan gairah seksual.Mau coba?.

Apa itu Vagina-spa?
Spa atau solus per aqua (hanya dengan air) adalah terapi yang sudah ribuan tahun digunakan untuk memelihara tubuh. Kini ada satu lagi spa khusus untuk vagina. Sekarang, vagina spa menjadi gaya hidup, seperti halnya perawatan bagian tubuh yang lain. Perawatan bagian reproduksi wanita yang merupakan gabungan dari berbagai terapi kuno ini sangat aman, karena tidak menggunakan alat atau bahan yang dimasukkan ke alat kelamin.Digunakan terapi yang bisa mestimulasi tubuh agar dengan sendirinya mengeluarkan kotoran atau racun.

Dalam vagina spa sendiri ada beberapa teknik antara lain teknik pengasapan atau penguapan, teknik pijat bioenergi yang diterapkan pada seluruh tubuh, terutama vagina. Selanjutnya ada pula meditasi gerak atau semacam kegel khusus untuk vagina. V-spa atau vagina spa sebenarnya terapi yang umum digunakan dalam perawatan kesehatan, hanya kali ini khusus diterapkan untuk vagina. Beberapa langkah tersebut sebagai bagian terapi eksternal. Selain menggunakan terapi eskternal, juga dilengkapi dengan terapi internal dengan mengkonsumsi jamu. Bahan yang dipakai pun sudah umum dikenal, seperti kunyit dan temulawak dan biasanya harus diminum beberapa kali.


Meski sasarannya adalah organ reproduksi, terapi yang dijalankan memang menyangkut seluruh tubuh. Itu karena sistem di dalam tubuh tidak berjalan sendiri-sendiri, tetapi saling berkaitan. Begitu pula yang berlaku dalam V-spa (vagina spa). Pijatan dalam terapi ini bermanfaat memperkuat chi atau energi bagian reproduksi dan organ-organ lain yang mendukungnya. Meditasi gerak, salah satunya dengan mengencangkan otot dasar panggul disertai pernapasan, sedangkan gerakan bioenergi berguna untuk menjaga keseimbangan hormon-hormon tubuh. Penguapan dan pengasapan juga penting karena membuat vagina wangi. Di samping itu, bau cendana dan akar-akar wangi dari beberapa tanaman yang dibakar akan tercium oleh hidung, masuk ke otak dan saraf, sehingga menenangkan dan menenteramkan.Terapi ini dengan sendirinya akan memengaruhi wanita secara psikis (kejiwaan).

Manfaat spa vagina
Si wanita akan merasa tenang dan harapannya makin menerima diri, akhirnya jadi lebih percaya diri. Tidak bisa dipungkiri bahwa ramuan kunyit dan temulawak memiliki manfaat. Kunyit bermanfaat sebagai antiradang, antiseptik, juga membantu meningkatkan stabilitas organ pencernaan. Temulawak berfungsi menguatkan organ hati. Sebenarnya lengkaplah terapi V-spa ini, mulai dari terjaganya kebersihan vagina, menguat dan melenturnya otot-otot dasar panggul dan otot vagina berkat latihan kontraksi dan rileksasi, sehingga memberikan “sensasi virginitas” pada pasangan, melancarkan sirkulasi darah, merilekskan tubuh, mencerahkan kulit, serta meningkatkan stamina tubuh.

Menurut Wiwit Azmi Lestari,AMF seorang Spv Training for Treatment menjelaskan bahwa pada dasarnya spa vagina ini ditujukan untuk semua wanita. Siapa saja tidak pandang usia, tetapi lebih baik yang sudah akil balik atau mendapatkan menstruasi. Spa baik dijalani terutama untuk wanita yang mau menikah. Selain merawat organ intim dan memberikan “sensasi virginitas”, juga baik untuk kecantikan kulit dan menenangkan otot serta saraf yang tegang akibat persiapan pernikahan. Juga baik untuk ibu yang habis melahirkan. Setelah nifas, V-spa dapat diandalkan untuk mengembalikan vitalitas vagina, menguatkan otot-otot dasar panggul, rileksasi, dan pemulihan keseimbangan tubuh melalui perawatan holistik body, mind and spirit. Untuk wanita yang memiliki masalah keputihan, bau tak sedap, atau peradangan ringan pada vagina, spa khusus ini dapat membantu mengatasinya. Bahkan, bisa diterapkan untuk membantu meningkatkan imunitas dan semangat penderita kanker mulut rahim, dengan memberikan perasaan rileks dan kesegaran tubuh. Bagi mereka yang belum menikah, V-spa bermanfaat untuk menjaga kebersihan, memperbaiki sirkulasi darah dan energi tubuh.

Sebaliknya, bagi wanita menopause, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah seksual dan rasa percaya diri. terapi ini selayaknya dilakukan dua kali sebulan. Dua kali terapi itu dijalankan saat sebelum dan sesudah menstruasi. Mereka yang sedang menstruasi tidak dianjurkan melakukannya, apalagi yang mengidap penyakit menular seksual. Sebaiknya penyakit diobati dulu sampai sembuh. Setelah itu baru bisa melakukan terapi ini.Mereka yang sedang hamil juga tidak dianjurkan. Ini karena bekerjanya seperti detoksifikasi.Karena yang diterapi hampir seluruh tubuh, bukan hanya vagina, waktu yang dibutuhkan 30 menit hingga 3 jam bergantung pada jenis terapi yang dipilih. Biayanya berkisar 100 hingga 400 ribu rupiah.

DR.Dr. Laila Nuranna,Sp.OG(K) dari sub divisi Onkologi Departemen Obstetri dan Ginekologi RSCM menjelaskan bahwa V-spa baik dan meski hanya sekadar kosmetik serta gaya hidup, terutama pada tahap latihan mengencangkan otot vagina, terapi ini bisa dilakukan. Wewangian yang digunakan bisa dimanfaatkan agar pasangan semakin bergairah. Lebih lanjut dokter laila juga mengatakan bahwa vagina spa tidak menimbulkan efek samping, hanya yang perlu diperhatikan adalah frekuensinya, “Jangan terlalu sering” pembersihan vagina sebaiknya dilakukan secara rutin, terutama pada bagian luar. Khusus pembersihan bagian dalam, sebaiknya tidak sering. Kalau terlalu bersih, flora normal dan Laktobasilus akan hilang. Padahal, ini kan benteng bagi vagina untuk menghantam kuman.

Wiwit Azmi Lestari,AMF seorang Spv Training for Treatment menyarankan bahwa sebelum wanita melakukan spa vagina, ada baiknya mencek kesehatan organ intimnya, dilakukan agar si wanita sendiri mengetahui kondisi kesehatannya. Salah satunya untuk melihat apakah ada penyakit tertentu yang terkait dengan organ intim, jika ternyata si wanita menderita penyakit pada organ intimnya maka harus terlebih dahulu diobati barulah dapat melakukan spa. Biasanya terapis akan melakukan vulva hygine, maksudnya sebelum terapi dijalankan kebersihan bagian intim menjadi fokus yang pertama.

Proses perawatan
Perawatan dimulai dengan membersihkan vulva vagina dari kotoran dengan air hangat yang mengandung herbal wash dan minyak aromatik. Selanjutnya, terapis akan melakukan v-scrubing. V-scrubing merupakan proses penggosokan dan scrub di daerah sekitar organ intim seperti lipatan paha, area perut, pantat dan daerah yang kulitnya cenderung lebih gelap seperti daerah ketiak dan payudara. Bagian tubuh tersebut akan digosok dengan scrub berbahan rempah semisal cendana, akar wangi dan bunga-bungaan. Scrub bermanfaat mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Proses selanjutnya, V-energy massage. Merupakan pemijatan dengan teknik bionergi dan pijat aroma terapi. Pemijatan dilakukan diseluruh tubuh. Selesai pijat, dianjutkan berendam dalam guci besar berisi air hangat yang ditetesi minyak esensial. Sambil berendam, peserta terapi dibimbing untuk melakukan meditasi gerak. Gerakan-gerakan itu berupa kontraksi untuk mengencangkan otot dasar panggul, pinggang, paha dalam, paha luar, lutut, kaki, dan otot vagina.

Selesai berandam dalam guci, kembali melakukan prosesi v-team,compress,fogging (penguapan,kompres dan pengasapan) semua hal tersebut dilakukan untuk memperlancar aliran darah sekitar vagina dan meluruhkan lendir berlebih dari vagina. Beberapa ramuan herbal dan minyak esensial digunakan untuk keperluan ini. Kompres vagina ini berfungsi untuk antiinfeksi dan mengurangi peradangan atau nyeri. Langkah terakhir yang dilakukan adalah perawatan dari dalam, dengan mengkonsumsi ramuan yang berfungsi tingkatkan stamina, antiseptik dan menghangatkan tubuh. Jaga kesehatan tubuh secara umum dengan mengasup makanan bergizi seimbang, kebersihan tubuh dan organ intim, sehingga organ intim Anda pun akan terawat dan terjaga. (
ISMAYANTI- Just for You)



0 Comments:

Post a Comment

<< Home