My Day

Wednesday, November 26, 2008

SPORT


‘Parkour’ Picu Adrenalin

Ringan bak kapas, lentur bagaikan karet dan memacu adrenalin bagi pelakunya,itulah parkour (yamakasi).

Pernahkah Anda nonton film ‘Yamakasi’?, Orang yang melihat tujuh parkourer beraksi, akan dibuat menggelengkan kepala. Menuruni gedung tinggi, memanjat tembok tanpa alat bantu seperti tali dan mengandalkan kekuatan tangan dan kaki saja itulah parkour. Tak banyak orang tahu atraksi pemicu adrenalin ini, apa itu parkour?.

Parkour sendiri berarti bergerak atau pindah dari satu titik ke titik lain dengan efisien, cepat dan silent.Mengedepankan keindahan bergerak yang harus diimbangi gerak tubuh pelakunya.Atraksi ini tak terikat pada aturan-aturan formal namun lebih pada etika, tanggung jawab dan kembali pada diri masing-masing dengan terus mengembangkan diri.

Berasal dari kata parcours du combatant yang berarti pelatihan halang rintang militer, kata Parcours ‘c’ diganti menjadi ‘k’ dan ‘s’ dipakai untuk menjelaskan filosofi Parkour.Adalah, David Belle (Perancis), yang terinspirasi ayahnya Raymond Bell. Raymond yang seorang tentara perancis mengajarkan parcours du combatant (latihan haling rintang bergaya militer).

Di Indonesia sendiri, parkour mulai sedikit dikenal tahun 2006. Bahkan parkour yang dianggap sebagai urban sport ini, beranggotakan banyak anggota dari beragam usia dan profesi seperti wartawan,mahasiswa,orang perbankan, usahawan dan banyak latar profesi lainnya. Fadil, salah satu parkour yang tergabung dalam komunitas parkour Indonesia mengatakan rata-rata usia parkour di Indonesia antara 20 hingga 30 tahun.Ia sendiri dalam kesehariannya berprofesi sebagai seorang wartawan pada media otomotif.

Bersama sejumlah parkourer, ia biasa berlatih di beberapa tempat. Di Jakarta, tempat seperti taman Menteng, Lapangan Soemantri Brojonegoro, Senayan menjadi tempat latihan gerakan-gerakan parkour. Namun Fadli dan teman-teman tak mau dibilang bahwa parkour termasuk olah raga ekstrem. “ Parkour bukan olahraga ekstrem, dan belm ekstrem.Parkour hanya satu gerakan berpindah dari satu titik ke titik lain dan dilakukan dengan cara yang lembut, tenang, disiplin efisien,” jelas pria berambut cepak dengan kaos biru tanpa lengan.

Melakukan dan menciptakan parkour juga butuh imajinasi, inilah yang menurut Fadli menjadi bagian dari sebuah seni yang sangat lembut karena dalam menciptakan gaya-gaya baru biasanya mereka berimajinasi terlebih dahulu. Imajinasi ini menjadi sebuah seni yang jauh lebih menarik dari seni-seni yang lainnya.

Parkour tercipta dari inspirasi akan kebebasan, maka tidak ada satu pun yang dapat menghalangi mereka dalam beraksi. Meski terkesan seperti sedang bermain dan senang-senang. Parkour atau yamakasi ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan kedisiplinan dalam berlatih, sedikit saja mereka melakukan kesalahan maka resiko fatal akan mengancam mereka. Olahraga ini sendiri jika Anda lakukan secara serius dapat dengan otomatis membentuk tubuh Anda terlihat lebih berotot dan proposional.Fadli menerangkan bahwa dalam melakukan gerakan parkour ternyata ada beberapa gerakan dasar. Agar dapat menguasai gerakan itu semua parkouer membutuhkan waktu 1 tahun untuk dapat mengusai gerakan-gerakan dasar. Adapun gerakan dasar tersebut menurut Fadli adalah :


Landing

Mendarat dengan posisi membengkokkan lutut ketika jari kaki menyentuh tanah

(Jangan pernah mendarat dengan kaki flat dan selalu mendarat dengan jari kaki anda)

Balance

Berjalan diatas rintangan dengan menyeimbangkan badan

Cat balance

Melewati rintangan dengan gerakan menggunakan tangan dan kaki layaknya kucing

Underbar, jump through

Melompat atau berayun melewati celah diantara rintangan.

Dismount, swinging jump

Bergelantungan atau berayun ( bisa di sebuah palang, dinding atau ranting) lalu ,

mendarat di dinding atau bergelantungan di objek yang lain.

Pop vault, wall hop

Melewati dinding, biasanya dengan menendang kaki ke dinding untuk mendapatkan

daya gerak ke depan atau ke atas gedung.

Vault

Secara umum bisa dikatakan melewati rintangan dengan melompat.

Turn vault

Melompat dengan melakukan 180 derajat putaran atau sambil berbalik. Gerakan ini

sering dilakukan ketika akan berpindah dari satu sisi ke sisi lain agar jarak landing atau

persiapan melompat dekat.

Reverse vault

Melompat dengan melakukan putaran 360 derajat seperti kita berputar untuk

menghindari rintangan di tempat yang sama. Gerakan berputar ini dilakukan hanya

untuk mencari kesenangan saja dan menghindari rintangan.

Bagi pemula, Fadli memberikan beberapa tips, antara lain:

Latih terus kekuatan kaki dan tangan atau lengan, karena keduanya menjadi andalan dalam melakukan gerakan-gerakan parkour.

Bagi pemula jangan melakukan gerakan-gerakan sulit jika belum neguasai teknik dsar, sebab resikonya sangat besar. Selain bias menciderai juga merusak bentuk badan jika dilakukan salah tak terarah.

Disiplin dalam berlatih.


Parkour kini menjadi tren sejumlah anak muda dan eksekutif muda. Bagaimana?, Anda mau bersound adrenalin ria?. ismayanti

0 Comments:

Post a Comment

<< Home