My Day

Thursday, June 05, 2008

saham bursa

Muamalat Terbitkan Sukuk 300 Miliar dan Bangun Sektor Riil

Bank Muamalat berniat meningkatkan bisnis syariah di sector riil, dengan mengajak investor melakukan pendanaan sukuk sebanyak 300 miliar rupiah pada Juli 2008 namun nilai tersebut lebih kecil dari jumlah anggran sebelumnya sebesar 500 miliar rupiah.

“Kami mengajak calon investor untuk meningkatkan bisnis di sector riil dalam pendanaan sukuk subordinasi Mudhrabah sebesar 300 miliar rupiah,” ucap Riawan Amin selaku Presiden Direktur bank Muamalat di RitchCarlton Place, Jakarta ( Kamis/5/6)

Sebagai bank berbasis syariah pertama di Indonesia, bank ini memiliki kinerja pembiayaan yang meningkat baik dari sisi proporsi penyaluran dana di sector riil.Pada tahun 2007 akhir, penggunaan dana untuk sector rill mencapai 99,16 persen bahkan meningkat menjadi 100,17 persen per Mei 2008.Rasio kecukupan permodalan Muamalat sebesar 10,69 persen posisi tersebut aman dari batas minimal BI sebesar 8 persen.

Besarnya penyaluran pembiayaan dengan FDR diatas 100 persen membuat bank Muamalat harus meningkatkan dana sebesar 0,35 triliun.Penerbitan sukuk subordinasi di tahun 2008 memperoleh dana dari hasil penawaran umum dikurangi biaya-biaya emisi.

Pada penerbitan sukuk kali ini penjamin pelaksana emisi adalah PT Andalan Artha Advisindo, PT Bahana Sekurities, PT CIMB-GK Securities Indonesia dan PT danareksa Sekuritas. Menurut Mindo Leona Christina selaku manager fixed income AAA sekuritas selaku penjamin emisi bahwa penerbitan sukuk sebesar 300 miliar rupiah sebelumnya memiliki opsi hingga 400 miliar.

Sukuk tersebut menggunakan bagi hasil yang terdiri dari FR33+150-250 basis poin, dengan tenor selama 10 tahun dengan opsi melakukan pembelian kembali pada tahun kelima.Sementara menurut Mindo pendapatan bagi hasil dibayarkan tiap 3 bulan dimana hasil dananya akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan pembiayaan syariah.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home